Publik Apresiasi Inovasi Pelayanan Haji

Oleh: Prof. Dr. H. Danial, M. Ag | Rektor Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Masyarakat Indonesia mengapresiasi pelayanan haji Kementerian Agama dibawah kepemimpinan, Prof Dr Nasaruddin Umar, tahun 2025 ini. Pandangan ini terlihat jelas dari antusiasme dan dukungan moril masyarakat Indonesia terhadap penyelenggaraan ibadah haji di media sosial. Frasa kunci “Kemenag Untuk Haji” trending topic di Twitter Indonesia pada Sabtu 10 Mei 2025. Ribuan netizen dan warganet menyuarakan dukungan moril untuk kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Ekspresi bangga, haru, dan syukur dari warganet ini menjadi indikasi kuatnya ekspektasi publik terhadap peningkatan kualitas pelayanan ibadah haji tahun ini.

Apresiasi ini juga menunjukkan keseriusan dan komitmen Kementerian Agama RI dibawah kepemimpinan, Prof Dr Nasaruddin Umar, untuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji, tentu ini ditandai dengan ragam inovasi telah diluncurkan, semisal pendekatan inklusif untuk jamaah lansia dan disabilitas, fasilitas ramah kelompok rentan, pelatihan intensif bagi petugas, serta pengoptimalan digitalisasi dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Maka, pelaksanaan haji tahun ini sebagai wujud adanya kolaborasi antara negara dan umat dalam menyuarakan pesan-pesan positif untuk kesuksesan haji tahun ini.

Sebab itu, ibadah haji bukan sekadar ibadah ritual semata, tapi menunjukkan adanya kolaborasi antara negara dan umat. Ditengah kemajuan media digital, maka media sosial menjadi saluran bagi masyarakat Indonesia dalam menyuarakan transparansi dan pelaksanaan ibadah haji yang berkeadilan pada tahun ini. Untuk itu, percakapan ibadah haji secara positif di media sosial merupakan simbol adanya dukungan spiritual masyarakat Indonesia agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini akan berjalan optimal dan paripurna, baik saat keberangkatan jamaah, saat ibadah haji berlangsung, dan saat kepulangan kembali jamaah haji ke tanah air. Semoga!

Share this Post